Instagram -->

Label

Selasa, 20 Maret 2012

INFO TOMCAT

Apa itu Tomcat?
1. Dikenal dengan nama ilmiah kumbang rove, hewan semacam semut besar, bersayap, dengan warna belang-belang hitam dan merah.

2. Racunnya 12 kali lebih mematikan daripada bisa ular cobra. Jika merayap di handuk, baju, sprei atau bahkan lantai rumah harus segera dibersihkan dengan air dan sabun, karena pada saat merayap saja dia sudah mengeluarkan toksin melalui kulit tubuhnya. Kalau sadar kulit anda kena Tomcat segeralah dicuci pake sabun. Jangan dikasih odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, krn hasilnya akan memperparah. Kulit yg terkena toksin tomcat akan merah meradang mirip herpes tapi tak sama. Herpes diserta nyeri di syaraf anggota tubuh yang kena, misal tangan kiri kena herpes, maka syaraf-syaraf bagian kiri akan nyeri. Kalau toksin tomcat tidak seperti itu, hanya merah meradang disertai nanah bintik kecil-kecil.

3. Obatnya salep dan antibiotik, biasanya hydrocortisone 1% atau Salep betametasone+antibiotik neomycin sulfat-3xsehari atau Salep Acyclovir 5%. Lebih jelasnya bisa bertanya ke apoteker atau silahkan langsung ke dokter umum ato kulit.

4. Bekas luka jangan terkena sinar matahari karena akan menyebabkan warna kulit menghitam dan lama untuk dihilangkan.

5. Jika bertemu tomcat, jangan sekali-kali mematikan/memukul dengan tangan karena akan terkena toksin. Kita bisa memukul dengan benda keras. Yang terpenting adalah tidak bersentuhan langsung dengan tomcat.

KHUSUS DAERAH SURABAYA, Apabila rumah anda diserang oleh hama Tomcat, maka dapat menghubungi langsung Dinas Pertanian Kota Surabaya, Telp. (031) 8275404 / 8282328 atau menghubungi Ir.Alexandre S Siahaya MT, Hp.081231343335
Mohon informasi ini disebarkan ke keluarga, saudara dan teman khususnya yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. Terima kasih :). #InfoPemkot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar